Tanggung Jawab Sosial dan Etika Manajemen

Tanggung Jawab Sosial atau  Social Responsibility adalah bentuk kepedulian  terhadap lingkungan eksternal  melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lainnya

Pro Kontra mengenai
Tanggung Jawab Sosial

No Pandangan Kelompok yang Proterhadap tanggung jawab sosial dari

Organisasi Bisnis

No Pandangan Kelompok yang Kontra terhadap tanggung jawab sosial dari

Organisasi Bisnis

1 Kegiatan bisnis seringkali menimbulkan masalah, oleh karena itu

sudah semestinyalah perusahaan

bertanggung jawab atas apa yang telah

dilakukannya

1 Perusahaan tidak memiliki ahli yang mengkhususkan dalam bidang sosial

dan kemasyarakatan, oleh karena itu

sulit bagi perusahaan untuk ikut

bertanggung jawab

2 Perusahaan adalah bagian dari lingkungan sosial masyarakat,

oleh karena itu sudah semestinya ikut

berpartisipasi dan bertanggung jawab

atas apa yang terjadi di masyarakat

2 Perusahaan yang ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam lingkungan

sosial masyarakat justru akan memiliki

kekuatan untuk mengontrol masyarakat,

dan itu indikasi yang kurang baik secara

Sosial

3 Perusahaan biasanya memiliki sumber daya untuk menyelesaikan masalah di

lingkungan sosial masyarakat

3 Akan banyak terdapat konflik kepentingan di masyarakat jika perusahaan terlibat dalam

aktifitas sosial

4 Perusahaan adalah partner dari lingkungan sosial kemasyarakatan, sebagaimana

halnya juga pemerintah dan masyarakat

lain pada umumnya

4 Tujuan perusahaan bukan untuk motif sosial, akan tetapi untuk memperoleh profit dan

mencapai tujuan yang diharapkan oleh para

pemilik perusahaan

Strategi Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial

•Strategi Reaktif

Kegiatan bisnis yang melakukan strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial

•Strategi Defensif

Strategi defensif dalam tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan penggunaan pendekatan legal atau jalur hukum untuk menghindarkan diri atau menolak tanggung jawab sosial .

•Strategi Akomodatif

Strategi Akomidatif merupakan tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dikarenakan adanya tuntutan dari masyarakat dan lingkungan sekitar akan hal tersebut

•Strategi Proaktif

Perusahaan memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari tanggung jawab untuk memuaskan stakeholders. Jika stakeholders terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan akan terbangun.

Manfaat Tanggung Jawab Sosial

•Manfaat bagi Perusahaan

Citra Positif Perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah

•Manfaat bagi Masyarakat

Selain kepentingan masyarakat terakomodasi, hubungan masyarakat dengan perusahaan akan lebih erat dalam situasi win-win solution.

•Manfaat bagi Pemerintah

Memiliki partner dalam menjalankan misi sosial dari pemerintah dalam hal tanggung jawab sosial.

Dimensi Etika dalam Manajemen

•Etika adakah pandangan , keyakinan dan nilai akan sesuatu yang baik dan buruk, benar dan salah (Griffin)
•Etika Manajemen adalah standar kelayakan pengelolaan organisasi yang memenuhi kriteria etika.

Nilai Personal sebagai standar Etika

•Nilai (Values) sendiri pada dasarnya merupakan pandangan ideal yang mempengaruhi cara pandang, cara berfikir dan perilaku dari seseorang.
•Nilai Personal atau Personal Values pada dasarnya merupakan cara pandang, cara pikir, dan keyakinan yang dipegang oleh seseorangsehubungan dengan segala kegiatan yang dilakukannya

Nilai Personal terdiri dari nilai terminal dan nilai instrumental. Nilai terminal pada dasarnya merupakan pandangan dan cara berfikir seseorang yang terwujud melalui perilakunya, yang didorong oleh motif dirinya dalam meraih sesuatu. Nilai instrumental adalah pandangan dan cara berfikir seseorang yang berlaku untuk segala keadaan dan diterima oleh semua pihak sebagai sesuatu yang memang harus diperhatikan dan dijalankan

Berbagai isu seputar etika manajemen

•Penggunaan obat-obatan terlarang
•Pencurian oleh Para Pekerja atau Korupsi
•Konflik Kepentingan
•Pengawasan Kualitas atau Quality Control
•Penyalahgunaan informasi yang bersifat rahasia
•Penyelewengan dalam pencatatan keuangan
•Penyalahgunaan penggunaan asset perusahaan
•Pemecatan tenaga kerja
•Polusi Lingkungan
•Cara bersaing dari Perusahaan yang dianggap tidak etis
•Penggunaan pekerja atau tenaga kerja di bawah umur
•Pemberian hadiah kepada pihak-pihak tertentu yang terkait dengan pemegang kebijakan.

dan lain sebagainya

Upaya perwujudan dan peningkatan etika manajemen

•Pelatihan etika
•Advokasi etika
•Kode Etik
•Keterlibatan Publik dalam Etika Manajemen Perusahaan

sumber : http://www.scribd.com/doc/31019162/TANGGUNG-JAWAB-SOSIAL-DAN-ETIKA-MANAJEMEN

About these ads

About Herdiaman Saragih

I Am a Global Product

Posted on 29 Juni 2012, in TUGAS SOFT SKILS, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: