Pemecahan Masalah Dan Pengambilan Keputusan

1.Tahap Tahap Pengambilan Keputusan

 Tahap Penemuan Masalah
 Tahap Pemecahan Masalah (state of nature)
 Tahap Pengambilan Keputusan (payoff)

menurut Herbert A. Simon terdapat tiga fase;
fase Intelegensia;
fase Desain;
fase Pemilihan (selection)

menurut Richard I. Levin terdapat 6 (enam) tahap:
Tahap observasi;
Tahap analisis dan pengenalan Masalah;
Pengembangan Model;
Memilih data masukan yang sesuai;
Perumusan dan pengetesan;
Pemecahan.
merumusakan/mendefinisikan masalah;
pengumpulan informasi yang relevan
mencari alternatif tindakan;
analisis alternatif;
memilih alternatif terbaik;
melaksanakan keputusan dan evaluasi hasil.
 2.Tipe Tipe Masalah Dan Pemecahannya

– Masalah analitik adalah masalah yang tersedia satu cara pemecahannya.
– Masalah kreatif yaitu masalah yang terbuka untuk berbagai cara pemecahannya.
Kategori Masalah
Masalah dikategorikan menjadi :
– Masalah sederhana yang meliputi tugas organik antara lain Bin Log, Bin Pers, Bin Mat, dll.
– Masalah pelik, yang meliputi tujuan pokok, tugas tambahan, tugas yang dicari antara lain Binter, Pur, Kasus-kasus teritorial, dll.
Cara Pemecahan Masalah
Sifat Pemecahan Masalah
– Rasional adalah pemecahan masalah berdasarkan berbagai masukan yang berlaku dan relevan antara lain tujuan pokok, kebijaksanaan, dasar doktrin, fakta keadaan dan kondisi yang berlaku dan faktor lingkungan yang berpengaruh. Cara pemecahannya yang logis menurut tata cara yang berlaku dan terbuka bagi saran-saran.
– Irrasional adalah pemecahan masalah yang tidak memiliki dasar baik dari masukan, penalaran, prosedur maupun keterbukaan bagi saran.
Bentuk pemecahan masalah
– Kebetulan adalah cara pemecahan masalah didapat dari proses ketidak sengajaan.
– Trial and eror adalah pemecahan masalah yang menyelenggarakan giat aktif bersifat mencoba.
– Spekulasi adalah pemecahan masalah dengan cara bertindak kira-kira / spekulasi.
– Pengalaman / tradisional adalah meneliti pengalaman waktu lalu.
– Intuitif / naluri adalah pemecahan masalah didasarkan perasaan sesaat yang timbul.
– Dagmatis dan otoriter adalah cara pemecahan masalah yang didasarkan atas dagma yang standar dan secara otoriter.
– Ilmiah adalah cara pemecahan masalah secara ilmiah ditandai dengan penggunaan metoda penelitian / penyelidikan guna memperoleh kesimpulan.
Langkah-langkah pemecahanmasalah.
Pemecahan masalah yang pelik, secara ilmiah harus ditempuh lalui suatu proses langkah demi langkah. Teori-teori yang berkenaan langkah-langkah pemecahan masalah antara lain :
– Teori Herman Von Helmhotz
a) Saturation.
Merupakan bahan untuk pecahkan masalah yang dihadapi.
b) Incubation.
Menggolongkan, mengatur, menyusun, dengan menyisihkan data yang tidak diperlukan.
c) Illumination.
Dalam pikiran timbul suatu cara untuk pemecahan masalah, setelah beberapa lama dalam proses pemotongan (incubation).
– Teori Alex Osbern.
a) Orientation.
Merupakan proses perumusan, pembatasan, untuk tentukan inti masalah yang hendak dipecahkan.
b) Preporation.
Merupakan proses pengumpulan data, yang berhubungan dengan inti masalah.
c) Analisa.
Merupakan proses pengujian, penelaahan & pembahasan mendalam terhadap semua data.

d) Ideation.
Merupakan proses penganalisaan untuk temukan percobaan yang digunakan.
e) Incubation.
Merupakan proses kemungkinan percobaan yang ditemukan untuk mendapatkan percobaan yang lengkap & mantap dengan menggunakan hasil analisa.
f) Synthesis.
Merupakan proses penyorotan terhadap kemungkinan percobaan yang akan dipecahkan.
g) Verification.
Merupakan proses terakhir untuk mendapatkan percobaan yang paling tepat.
– Secara ringkas langkah-2 pemecahan masalah disimpulkan sebagai berikut :
a) Rumuskan masalah & cara pendekatannya.
b) Pengumpulan data.
c) Analisa.
d) Pematangan percobaan.
e) Penjabaran percobaan yang terbaik.

3.Gaya Dan Model Pengambilan Keputusan

Model adalah percontohan yang mengandung unsur yang bersifat penyederhanaan untuk dapat ditiru.
Model terbagi atas,
Model Kuantitatif;
Model Kualitatif;
Model tersebut masih terbagi lagi dalam:
Model Probabilitas;
Konsep Nilai harapan;
Model Matriks;
Model Pohon Keputusan (Decision tree Model);
Model Kurva Indiferen (kurva tak acuh);
Model Simulasi Komputer;(model matematika, simulasi, permainan operasional, model verbal, model fisik)

About Herdiaman Saragih

I Am a Global Product

Posted on 20 April 2012, in TUGAS SOFT SKILS and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: