Teknologi Informasi dan Multimedia (Tugas 1)

PENGERTIAN MULTIMEDIA

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasiaudio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

multimedia berhubungan dengan penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Misalnya, video musik adalah bentuk multimedia karena informasi menggunakan audio/suara danvideo. Berbeda dengan rekaman musik yang hanya menggunakan audio/suara sehingga disebut monomedia. Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi berasal dari bahasa Latin, yaitu nouns yang berarti banyak atau bermacam-macam. Sedangkan kata media berasal dari bahasa Latin, yaitu medium yang berarti perantara atau sesuatu yang dipakai untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu.

Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Berdasarkan itu multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dan lain-lain yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan atau menghantarkan pesan kepada publik. Multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik (Rosch, 1996). Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996). Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).

Gayeski (1993) mendefinisikan multimedia sebagai kumpulan media berbasis komputer dan sistem komunikasi yang memiliki peran untuk membangun, menyimpan, menghantarkan dan menerima informasi dalam bentuk teks, grafik, audio, video, dan sebagainya. Sedangkan Oblinger (1993) mendefinisikan multimedia merupakan penyatuan dua atau lebih media komunikasi seperti teks, grafik, animasi, audio dan video dengan ciri-ciri interaktivitas komputer untuk menghasilkan satu presentasi menarik.

Munir dan Halimah Badioze Zaman (1999) mendefinisikan multimedia sebagai keterpaduan diantara berbagai media teks, gambar, video dan animasi dalam satu media digital yang mempunyai kemampuan untuk interaktif, umpan balik dan informasi diperoleh dengan cara yang non-linear.

Menurut Elsom-Cook (2001) multimedia adalah kombinasi berbagai saluran komunikasi menjadi sebuah pengalaman komunikatif yang terkoordinasi dimana interpretasi saluran lintas bahasa terintegrasi tidak ada. Reddi (2003) mengartikan multimedia sebagai suatu integrasi elemen beberapa media (audio, video, grafik, teks, animasi, dan sebagainya) menjadi sebuah kesatuan yang sinergis dan simbiosis yang memberikan hasil lebih menguntungkan bagi pengguna ketimbang elemen media secara individual.

American H eritage Dictionary mendefinisikan multimedia sebagai sebuah sistem yang terdiri dari pengontrolan berkomputer, integrasi, manipulasi, perwakilan, penyimpanan dan komunikasi berbagi informasi yang dikodekan melalui media time-dependent dan mediatime-independent.

Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Berdasarkan pengertian itu, multimedia terdiri dari empat faktor, yaitu: (i) ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, (ii) ada link yang menghubungkan pengguna dengan informasi, (iii) ada alat navigasi yang membantu pengguna menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung, dan (iv) multimedia menyediakan tempat kepada pengguna untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide secara interaktif.

KONSEP MULTIMEDIA

Multimedia sendiri diartikan sebagai suatu teknologi yang menggabungkan berbagai sumber media seperti kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer. Semua pesan-pesan, perangkat lunak dan makna yang dipresentasikan oleh komputer atau layar televisi disebut Multimedia Project. Jika suatu multimedia dipasarkan kepada masyarakat, biasanya dalam bentuk kotak atau pembungkus khusus, dengan atau tanpa instruksi disebut Multimedia Title.

Bukan suatu keharusan bagi suatu multimedia untuk membuat sarana interactive bagi pemakai / pengguna agar disebut dengan multimedia. Pemakai / pengguna dapat duduk dan menyaksikan sebagaimana mereka menyaksikan televisi biasa. Dalam hal ini project menjadi linear, mulai dari awal dan berjalan hingga akhir. Ketika pemakai / pengguna diberikan kendali / navigasi untuk menjelajah isi project, project menjadi Nonlinear dan Interactive, dan project menjadi pintu gerbang informasi pribadi yang amat menarik. Untuk menentukan bagaimana pemakai / pengguan akan berinteraksi dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya.

Elemen-elemen dari multimedia biasanya digabung menjadi satu menggunakan Authoring Tools. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video Tape Player dan alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau video yang telah diedit akan dimasukkan ke dalam Authoring System untuk dimainkan kembali. Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan disebut Human Interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut Multimedia Platform atau Environment.

KARAKTERISTIK SISTEM MULTIMEDIA

  1. Must be Computer Controlled

Harus dikerjakan dengan menggunakan komputer

  1. Integrated (Text,Animation,Audio,Video)

Merupakan integrasi dari text, animasi, suara dan video

  1. Represented Digitally

Direpresentasikan dalam bentuk digital

  1. Interface to user may permit interactivity

Harus menggunakan antarmuka dengan pengguna secara interaktif

PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Pemanfaatan  multimedia dalam dunia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mehasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntung dari multimedia, belajar jarak jauh dan pemasaran pendidikan. Ruang multimedia adalah suatu ruang dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya. Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau tulisan tangan. Bagi komputer, bentuk informasi tersebut, semuanya diolah dari data digital. Sehingga memudahkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran.

Kelebihan Multimedia Dalam Pendidikan :

  • Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
  • Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
  • Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
  • Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
  • Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
  • Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
  • Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
  • Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Kekurangan Multimedia Dalam Pendidikan :

  • Biaya relative mahal untuk tahap awal
  • Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
  • Belum memadainya perhatian dari pemerintah
  • Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

MULTIMEDIA DALAM PENGGUNAAN UMUMNYA

Multimedia dalam penggunaan umum khususnya masyarakat awam yaitu multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi, penggunaan multimedia dlam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, apliaksi multimedia dapat merangsng panca indera dan perasaan penerimanya, karena dengan penggunaanya multimedia akan merangsang beberapa indera penting manusia, seperti ; penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam pengaplikasiannya multimedia akan sangatmembantu penggunaanya, terutama dalam hal belajar.

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan dalm tulisan biasa. Iklan internet merupakan media karya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita dapat menonton televisi tanpa membayar.

INTERNET BASED

Multimedia semakin berkembang, ada beberapa definisi mengenai multimedia antara lain Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch. 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks. Mc Cormi Internet yaitu e-Education, m-Education dan i-Education. Ditilik dari konsep bahasa, E-Education sebenarnya merupakan sistem pendidikan berbasis media elektronik, seperti radio dan televisi. Sehingga program pelajaran yang disajikan berbasis Teknologi Internet yaitu e-Education, m-Education dan i-Education. Persaingan antar bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat ketat sehingga, daya saing sumber daya manusia sangat ditentukan oleh kualitas. Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh kadar teknologi yang dimiliki. Dari sisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berkembang dewasa ini adalah e-education. Sebenarnya banyak istilah yang dapat dijumpai dalam lingkungan pendidikan berbasisTeknologi Internet yaitu e-Education, m-Education dan i-Education. Namun berhubung sistem e-Education lebih dikenal oleh masyarakat luas ketika Internet digunakan sebagai media pendidikan, maka masyarakat luas banyak yang beranggapan bahwa e-Education adalah pendidikan yang menggunakan Internet sebagai media utamanya. Paradigma tentang e-Education yang dipahami saat ini adalah pendidikan berbasis Internet, sehingga selanjutnya akan digunakan pemahaman tersebut. Pola e-Education terus mengalami perkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, Teknologi yang sekarang banyak digunakan adalah telephon seluler atau ponsel. Sistem ponsel merupakan teknologi telepon nirkabel atau pengguna dapat mengakses tanpa kabel, maka perkembanglah protokol-protokol baru seperti Wireless Application Protocol (WAP) yang memungkinkan akses Internet melalui media komunikasi ponsel di mana sebuah komputer notebook yang terhubung ke sebuah ponsel.

REFERENSI :

https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia

http://andriblogg99.blogspot.co.id/p/blog-page_15.html

http://septiancahyadi31.blogspot.co.id/2012/07/tema-zama-sekarang-sudah-serba.html

http://andriblogg99.blogspot.co.id/p/multimedia-dalam-bidang-pendidikan.html

http://cepiriyana.staf.upi.edu/?p=392

About Herdiaman Saragih

I Am a Global Product

Posted on 4 April 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: